8 Makanan Khas Jawa Barat Terbaik Dan Terpopuler , Wajib Coba !

8 Makanan Khas Jawa Barat Terbaik – Indonesia kaya akan potensi kuliner khas daerah. Bahkan dari banyaknya daerah yang ada di Indonesia , setiap daerah tersebut memiliki makanan khas dengan rasa dan kenikmatan tersendiri. Maka dari itu , jika kalian memiliki kesempatan untuk berkeliling ke seluruh wilayah di Indonesia , jangan lupa untuk mencicipi setiap masakan khas daerah Indonesia yang dijamin sangat lezat dan nikmat.

Seperti contohnya di Jawa Barat , ada banyak sekali makanan khas daerah dengan cita rasa lezat yang tidak bisa kalian dapatkan di daerah lain. Yap , cita rasa yang ditawarkan makanan khas Jawa Barat ini tentu saja tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Pasalnya, makanan-makanan khas suatu daerah, jika dimakan langsung dari tempat muasalnya akan diolah dengan cara yang tradisional sehingga menciptakan rasa yang sangat otentik.

Mau tahu apa saja kuliner Jawa Barat yang selalu menjadi incaran? Berikut ini telah kami rangkum beberapa makanan khas Jawa Barat yang paling populer dan banyak dicari.

8 Makanan Khas Jawa Barat Terbaik Dan Terpopuler

Karedok

Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah karedok. Secara penampilan, karedok mirip dengan gado-gado yang populer di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari beberapa jenis sayuran segar yang disiram bumbu kacang di atasnya. Namun bedanya, karedok menggunakan sayuran mentah, alih-alih sayuran yang sudah direbus seperti dalam gado-gado.

Ketika kamu mengunjungi Jawa Barat, akan banyak ditemukan orang yang berjualan karedok. Bahan-bahan karedok biasanya adalah mentimun, kacang panjang, daun kemangi, kol, tauge, dan terong bulat. Aneka sayuran ini kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari perpaduan kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, asam, kencur, gula jawa, terasi, dan garam.

Campuran sayuran yang segar dengan bumbu karedok yang gurih, manis, asam, merupakan perpaduan cita rasa nikmat yang akan membuat liur menetes. Jangan lupakan juga tambahan kerupuk bawang renyah di atas karedok agar suasana makanmu makin meriah.

Nasi Jambang

8 Makanan Khas Jawa Barat Terbaik

Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dan disajikan dengan daun jati.Penggunaan daun jati memberikan rasa dan aroma yang khas pada nasi. Kata Jamblang sendiri berasal dari nama sebuah daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon yang merupakan nama daerah tempat asal pedagang makanan tersebut.

Sebagai pelengkap nasi jamblang, terdapat beraneka pilihan lauk yang dapat dipilih seperti paru goreng, sambal goreng, perkedel, udang goreng dan lainnya.

Surabi

Surabi atau serabi adalah panganan yang telah tersebar rata hampir di seluruh Jawa Barat, bisa dikatakan bahwa makanan ini adalah makanan khas Sunda.Pembuatannya dibuat menggunakan tepung beras dengan cara masak yang masih tradisional, karena harus menggunakan tungku, bahkan tungku tersebut dibuat dari tanah liat.

Penampilan makanan khas Jawa Barat surabi sendiri https://www.belarusfight.com memiliki bentuk membulat dengan tekstur empuk, sehingga akan ada rasa legit nan gurih saat memakannya.Belum lagi ada banyak varian surabi yang tidak hanya terbuat dari gula dan kelapa saja, karena masih banyak produsen yang menawarkan rasa lain.

Rasa original surabi memang manis, karena ada penggunaan gula dan kelapa, namun lambat laun telah banyak jenis lain, diantaranya ada di Warung Surabi Setia Budi. Warung dengan alamat di Jalan Dokter Setiabudhi No.175 tersebut mengolah surabi dengan selai kacang, durian, strawberry, hingga markisa.

Lebih hebatnya lagi, surabi yang awalnya tidak punya isian apapun di warung ini justru disulap dengan tambahan isian kornet, ayam, atau telur. Selain lebih menambah cita rasa, adanya isian dan selai ini juga membuat gizi di dalamnya lebih meningkat.

Tapi itu semua kembali kepada selera penikmatnya. Karena tak jarang juga orang yang justru eneg jika makan surabi dengan tambahan kornet, ayam, atau telur.

Dodol Garut

Makanan khas Jawa Barat dari ikan yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu oleh-oleh dari Bandung dan Garut, Dodol garut memiliki tekstur kenyal dan legit. Rasanya dominan manis dengan aneka varian rasa yang bisa dipilih. Di daerah asalnya, dodol garut memiliki beberapa rasa seperti kacang, wijen, dan nanas.

Dodol garut sendiri terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Perpaduan berbagai bahan dasar dodol garut ini menciptakan rasa manis dan gurih. Warga lokal sering menjadikan dodol garut sebagai jajanan yang dimakan saat siang hari. Kamu bisa menemukan dodol garut di berbagai sentra kuliner dan oleh-oleh Garut.

Dorokdok

Dorokdok adalah sejenis kerupuk yang berbahan dasar kulit kerbau maupun kulit sapi. Tekstur makanan khas Jawa Barat ini renyah, dengan rasa yang sangat gurih. Makanan ini berasal dari Garut dan menjadi oleh-oleh khas selain dodol. Dorokdok bahkan menjadi ikon Kabupaten Garut.

Penamaan dorokdok sendiri berasal dari suara yang dihasilkan saat makanan ini dikunyah. Orang Garut mendengar suara “dorok dok dorok dok” ketika mengunyah kerupuk kulit ini. Sehingga, makanan ini berakhir dengan dinamakan dorokdok. Kamu bisa mendapatkan dorokdok di berbagai tempat makanan dan oleh-oleh di Garut..

Nasi Tutug Oncom

Pecinta kuliner khas Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini.Nasi tutug oncom adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom goreng atau bakar yang ditumbuk. Nasi tutug oncom sangat nikmati dimakan selagi hangat dilengkapi lauk dan sambal.

Roti Unyil

8 Makanan Khas Jawa Barat Terbaik

Makanan khas asli Jawa Barat yang paling dikenal oleh masyarakat Bogor adalah roti unyil dengan bentuknya yang mini tersebut. Dengan tampilan bentuk kecil, maka nama unyil disematkan pada roti ini, karena arti dari unyil adalah kecil.

Bahkan ada juga yang menganggap kalau penamaan unyil karena sebuah tontonan hiburan untuk anak-anak di mana terdapat karakter berupa boneka yang bentuknya imut yang diberi nama unyil.

Galendo

Galendo adalah makanan khas Jawa Barat yang datang dari Kabupaten Ciamis. Galendo ini terbuat dari ampas kelapa yang dimanfaatkan sebagai camilan. Dulunya, Kabupaten Ciamis menjadi salah satu produsen kelapa yang cukup besar. Banyak ditemukan pula pabrik minyak kelapa di Ciamis. Tak heran bila ada banyak ampas kelapa di daerah ini.

Galendo juga menjadi salah satu oleh-oleh paling populer dari Ciamis. Seringnya, kuliner ini disajikan sebagai makanan penutup dan camilan ringan. Saat ini, ada banyak varian galendo yang bisa kamu cicip. Kalau penasaran dengan rasanya, ShopBackers datang langsung saja ke Ciamis, Jawa Barat.